Kecamatan Kaligondang menjadi lokasi pengabdian masyarakat

Pemanfaatan TIK sudah menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat. Termasuk salah satunya dalam mendukung pengelolaan sekolah. Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional, secara eksplisit menyebutkan tiga pilar kebijakan pendidikan nasional, yaitu : (1) perluasan dan pemerataan akses, (1) peningkatan mutu, relevansi dan daya saing, dan (3) penguatan tata kelola, akuntabilitas dan citra publik pendidikan, untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, akuntabel, murah, merata dan terjangkau rakyat banyak.

Penerapan TIK di Sekolah Dasar adalah untuk mengolah nilai, membuat rekap absensi, membuat presentasi untuk mengajar, surat menyurat maupun laporan kerja. Kendala penerapan TIK antara lain kurangnya ketrampilan guru dalam menggunakan aplikasi komputer seperti MS. Office. Salah satuĀ  Sekolah dasar yang menghadapi masalah tersebut adalah Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Kaligondang Purbalingga. Mereka menyampaikan melalui surat yang ditujukan kepada DINHUBKOMINFO Purbalingga mengenai permintaan fasilitas pelatihan TIK, khususnya untuk Microsoft Office. Dari DINHUBKOMINFO Purbalingga diteruskan ke ST3 Telkom Purwokerto untuk dimintai bantuan sebagai fasilitator. Hal ini yang mendasari adanya pengabdian kepada masyarakat, khususnya para guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatak Kaligondang Purbalingga.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompokĀ  Ms. Word (oleh Ibu Intan), Ms. Excel (oleh Tenia), dan Ms. Powerpoint (oleh Bp. Suroso). Materi pembekalan yang diberikan pada kelompok Ms. Excel adalah pengenalan lembar sebar, mulai dari lembar kerja, sampai dengan penggunaan fungsi dan rumus-rumus untuk menyelesaikan masalah. Kegiatan dilakukan berdasarkan pembagian tingkat kemampuan/skill masing-masing guru. Guru yang telah mahir dikelompokkan tersendiri dari guru yang masih awam tentang komputer supaya pelatihan lebih intensif. Guru yang masih awam dibimbing dan ditemani instruktur mulai dari prosedur menyalakan komputer, membuka file, menyimpan file, menggunakan mouse, mengetik dasar, pengenalan bagian-bagian komputer sampai pada prosedur mematikan komputer. Pengenalan materi lembar sebar diawali dengan menjelaskan lembar kerja, fungsi-fungsi menu, dan cara membuat border, pengenalan cell alignment, serta pengenalan rumus dan fungsi Microsoft Excel untuk menyelesaikan suatu masalah/kasus tertentu.

Share This Post

About Author: AM