Rumusan learning outcome dari kurikulum 2013 yang akan diimplementasikan pada program studi D3 Teknik Telekomunikasi dapat diilustrasikan pada tabel 3. Pada tabel tersebut learning outcame mengerucut pada tiga buah kompetensi utama, yaitu Ahli Madya Komunikasi Nirkabel, Ahli Madya Komunikasi Kabel dan Wirausahawan yang didukung oleh berbagai jenis matakuliah yang tegabung dalam kelompok kompetensi utama dan kompetensi pendukung. Secara lebih rinci penjelasan learning outcome tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Profil/peran lulusan sebagai Ahli Madya Komunikasi Nirkabel dengan memiliki kemampuan mengaplikasikan/mengoperasikan teknologi komunikasi nirkabel, baik selular, terestrial maupun satelit. Dalam bidang selular kompetensi alumni mulai dari instalasi perangkat base transceiver station (BTS) hingga pengambilan data sistem telekomunikasi selular dengan drive test dan optimasi jaringan selular. Dalam bidang satelit memiliki kompetensi instalasi perangkat very small aperture terminal (VSAT), baik yang konvensional maupun yang berbasis internet protocol (VSAT IP) hingga pengukuran parameter kualitas jaringan satelit.
  2. Profil/peran lulusan sebagai Ahli Madya Komunikasi Kabel dengan memiliki kemampuan mengaplikasikan/mengoperasikan teknologi komunikasi kabel, baik komunikasi kabel tembaga maupun kabel optik. Dalam bidang teknologi kabel tembaga memiliki kompetensi berupa instalasi dan pengukuran parameter kabel tembaga. Dalam bidang teknologi optik memiliki kompetensi mulai dari instalasi, penyambungan hingga pengukuran kabel optik. Dalam bidang teknologi jaringan komputer memiliki kompetensi mulai dari perencanaan, instalasi, troubleshooting hingga perawatan, baik untuk jaringan stand alone maupun yang berbasis client-server (internetworking).
  3. Profil/peran lulusan sebagai Wirausahawan dengan memiliki kemampuan menerapkan kemampuan manajemen bisnis dan kewirausahaan dalam lingkup usaha bidang telekomunikasi, baik komunikasi kabel maupun komunikasi nirkabel. Misalkan dalam bentuk perusahaan mitra operator yang menyediakan tenaga konsultan, perencanaan, instalasi hingga perawatan dan pemeliharaan jaringan telekomunikasi (optik, komputer, selular dan satelit)

Selain itu alumni/lulusan memiliki sertifikasi kompetensi, baik nasional maupun internasional, diantaranya yaitu:

  1. Cisco Certified Network Associate (CCNA Level 1 – Level 4)
  2. Sertifikasi Kompetensi Bahasa Inggris (SKBI Level 1 – Level 4)